Selasa, 17 September 2024

Lulusan yang membangkang (Part 1)

Aku pikir ilmu Biologi itu mudah, namun aku melupakan siklus krebs & sintesis protein. Banyak yang keteteran, bahkan sampai memerlukan waktu hingga 7 tahun. Namun setelah lulus malah kerja di tempat yang tidak sesuai dengan jurusannya.

Setelah lulus tahun 2017, aku memulai karirku sebagai fresh graduate dengan mencari-cari pekerjaan. hingga akhirnya datang sebuah undangan wawancara dari ibukota, sebuah perusahaan di bidang konsultasi bisnis sebagai image editor, tempat yang sangat jauh dari rumah. Aku mendiskusikan hal tersebut dan ibu mengizinkanku untuk mendatanginya. dan hari interview itupun datang, Sempat ragu ketika dijelaskan tentang gaji, namun aku memutuskan untuk menjalaninya. dan hari-hari survival di ibukota pun dimulai.

Dimulai dari masa training yang berjalan cukup lancar. Disini aku bertemu dengan teman-teman seperjuangan yang saling memotivasi satu sama lain, lalu lulus dalam waktu yang hampir bersamaan kemudian mulai bekerja secara normal. Tiap editor diberi foto-foto lalu diedit sesuai intruksi yang diberikan oleh QC (Quality Control), setelah selesai dikembalikan ke QC untuk dicek. Gaji editor tergantung dari seberapa banyak foto yang sudah diedit selama sebulan. Kadanga ada yang dalam sehari bisa ngedit foto yang banyak sampai lembur, kadang pernah ga ada sama sekali, tapi ini jarang. Saat kerjaan sudah selesai, biasanya diisi saya dan teman kerja untuk bermain game, muter musik atau menonton film. bahkan ada yang main game sampai larut malam karena tiap editor diberi komputer dengan spek tinggi dan internet yang super kencang sehingga sayang jika disia-siakan.

Foto bersama temen kerja di jakarta

Selama di Jakarta sudah kemana aja? pastinya banyak sih, mau event apa aja ada. Event yang paling berkesan tentunya Ennichisai, yaitu event jejepangan terbesar di indonesia yang diadakan di area Blok M. Seluruh area Blok M tersebut disulap menjadi festival dan juga panggung hiburan dengan tema jejepangan. Ada juga event Jakjapan matsuri yang diadakan di halaman Stadion Gelora Bung Karno dengan bintang tamu beberapa musisi dari jepang seperti Sukima Switch. Ada juga event Comic Fest di Rasuna Epicentrum.

Keseruan di Ennichisai 2018

Jakjapan Matsuri
Event Comic Fest

Perkerjaanku sendiri cukup menyenangkan karena hanya mengedit-edit foto sesuai arahan, tapi lama-kelamaan terasa membosankan karena hampir ga ada sesuatu yang baru untuk dipelajari. Dan akhirnya aku resign dari pekerjaan tersebut setelah 1 tahun untuk kembali ke kampung halaman. Banyak sekali pengalaman yang didapat juga teman-teman yang baik dan seru.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar