Rabu, 27 April 2016

Ada Apa dengan Monster Rancher?


Monster Rancher atau lebih dikenal sebagai Monster Farm di indonesia adalah salah satu game dan anime yang mengisi kegembiaraan anak-anak 90'an pada masanya.

Tujuan game ini adalah membesarkan monster yang kita ciptakan sendiri dan melatihnya agar bisa memenangkan turnamen. Hal yang membuat game ini unik adalah cara menciptakan monsternya yaitu dengan memasukkan kepingan berbagai macam CD ke dalamnya. CD ini tak terbatas hanya CD game, bahkan CD musik pun bisa dimasukkan. dan dari CD tersebut muncullah berbagai monster dari yang lucu sampai yang seram. Ini untuk versi Playstation

Game ini pernah diproduksi dari konsol GameBoy Color, Playstation 2, Gameboy Advance, Nintendo DS, PC, bahkan Android. Yang menjadi aneh, kenapa game terbaru Monster Rancher harus di android? padahal seandainya dirilis dalam game konsol tentunya akan lebih mampu memuaskan para penggemarnya karena lebih banyak fitur dan grafis yang lebih menarik.


Apakah Monster Rancher kalah bersaing dengan Pokemon?

Banyak yang membandingkan Monster Rancher dengan Pokemon dari berbagai macam sisi. Perbedaannya antara lain

  • Di Monster Rancher, kita mendapatkan monster dengan dua cara, yaitu dengan menciptakan (dari CD/DVD untuk Playstation dan kode untuk konsol lain) dan juga menggabungkan monster yang sudah ada. sedangkan untuk Pokemon lebih bervariasi, dari mulai menangkap, evolusi, breeding, dan juga trading
  • Monster bisa mati di Monster Rancher sedangkan di Pokemon tidak bisa mati
  • Pokemon lebih banyak fitur daripada Monster Rancher, seperti menjelajah dan bertemu player lain.
  • Anime Pokemon masih jalan sedangkan anime Monster Rancher sudah dihentikan. sehingga promosinya sangat kurang.


Mungkinkah Monster Rancher bisa berjaya kembali?

Mungkin kini akan sulit untuk Monster Rancher bisa menyaingi game-game sejenisnya seperti Pokemon, Digimon, hingga yang terbaru Youkai Watch. hal ini karena format dari gamenya yang cenderung monoton, karena hanya membesarkan monster lalu mengajaknya mengikuti kompetisi. diperlukan sebuah inovasi dan formula baru agar Monster Rancher bisa kembali ke hati para penggemarnya yang lama, anak-anak 90'an. Mari kita tunggu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar