Selasa, 20 Juli 2010

Sisi lain Harvest Moon


Udah pernah maen game ini? atau cuma denger? ato malah udah master? hehehe.. bukan bermaksud bernostalgia atau membicarakan tentang teknik bermai, cheat ataupun walkthrough dari game ini, melainkan sisi lain dari game hasil besutan dari Natsume inc yang digandrungi oleh hampir semua kalangan ini, baik dari anak-anak sampai dewasa, walau banyak yang bilang cuma mainan anak kecil. Memang game satu ini termasuk "abadi", karena tidak memiliki akhir cerita. Kita ditugaskan untuk mengelola sebuah lahan pertanian dan juga peternakan. dan akan dipertanggungjawabkan tiga tahun mendatang, Eits... bukan taun kita loh, tapi tahun di game ini. satu tahun ada 4 bulan, yaitu spring, summer, fall & winter. setiap bulan atu musim memiliki kesulitan tersendiri.

Nah... kita kan masuk pada intinya. Di awal permain yang mungkin akan berbeda pada setiap versi, Pak walikota (sebenarnya lebih cocok dibilang pak kades) menugaskan kita untuk mengelola kebun yang tidak terurus dan terbengkalai. dan apabila dalam 3 tahun kita tidak dapat mengelola kebun tersebut hingga 100%, maka kita akan diusir dari desa. dari hal ini bisa diambil sebuah tanggung jawab, apa yang telah dipercayakan orang lain kepada kita harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Hal pertama yang akan kita lakukan adalah bercocok tanam, memberi bibit, menanam, lalu menyiraminya setiap hari. sekali saja kita tak menyiraminya, maka pertumbuhannya akan terlambat. beberapa hari kemudian kita bisa memanen dan menjualnya. Tanggung jawab harus dilaksanakan secara rajin, sedikit saja lengah maka hasilnya juga tidak akan sempurna. Hal selanjutnya adalah beternak, di game ini kita bisa beternak ayam, sapi perah, dan domba. Ayam menghasilkan telur, Sapi perah menghasilkan susu & domba menghasilkan wool. Semuanya dapat kita panen setiap hari, asal hewan ternak kita sudah biasa. Hasil panen semakin baik apabila kualitas hewan juga baik, dan kualitas hewan bergantung pada rasa sayang kita pada mereka. Sesama manusia tentunya juga harus menyayangi makhluk2-Nya. kalau kita sayang mereka tentunya mereka juga akan memberi lebih untuk kita. Eh... yang ini jangan diterapin ke manusia ya! bisa2 kalian dibilang matre XD.

Selain masalah kebun, kita juga akan dihadapkan dengan masalah yang lain, biasanya di game ini diperlihatkan masalah2 oleh beberapa karakter dan membutuhkan bantuan kita untuk menyelesaikannya, dan biasanya juga setelah itu kita diberi upah atau ada perubahan positif pada kebun kita. Hikmahnya sudah jelas, kalau kita berbuat baik pada orang lain maka kita akan mendapat kebaikan juga yang berlipat.

Inti sesungguhnya dari game ini adalah "simulasi" pekerja keras, perjuangan yang tak kenal lelah, sulitnya hidup, dan dari semua hal tersebut akan menghasilkan sebuah kesuksesan. Bayangkan, awal permainan kebun kita yang ditanami hanya sekitar 20 petak, ayam cuma 2 dan sapi 1. tetapi setelah lama bermain kita bisa membesarkan rumah dan kandang, rumah kaca, lemari, dapur, kulkas, hewan ternak yang banyak, berbagai macam mesin & banyak lagi. Semua bisa terjadi karena adanya kerja keras.

So? Keep Spirit...!!! ^^v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar