Kamis, 23 Juni 2016

Tutorial Angkot Wibu (Angkot Itasha Move On Aqours)

ayy mz mb
bukan bermaksud menggurui, dengan rendah hati saya mencoba membagikan ilmu saya yang masih sangat sedikit ini. berikut ini adalah tutorial angkot wibu (angkot itasha move on aquors). Tutorial ini diperuntukkan untuk yang sudah menguasai basic photoshop. apabila ada yang tidak jelas, silahkan ditanyakan di tab comment. sialahkan di-share, bila ingin di-repost di blog/website, tolong izin dulu ya :))
Yuk langsung aja!




01.
buka file mentahan, aturlah pencahayaan dan kontras agar terlihat lebih keren. lalu mulai gunakan pentool untuk menyeleksi body angkot yang berwarna kuning. apabila tidak bisa memakai pentool, silahkan belajar terlebih dahulu, atau kalau pengen yang greget, page polygonal lasso tool atau magnetic lasso tool. setelah diseleksi, tekan ctrl+j agar hasil seleksi bisa dipisahkan dari background.

02.
hasil seleksi akan seperti ini.gunakan clone stamp tool untuk menghapus tulisan tau objek yang tidak dibutuhkan di dalam body. disini saya akan menghapus tulisan "BNU"dan "angkutan kota"


03.
gunakan hue/saturation untuk mengganti warna body, ada di menu image-> adjustment-> hue/saturation. gerakkan lever sampai mendapatkan warna yang diinginkan.


04.
Lakukan langkah 01 - 04 pada body yang lain. pilih layer selain body lalu lakukan penghapusan dengan clone stamp tool. disini saya juga menghapus plat nomor.


05.
buat layer baru di atas layer body biru muda, lalu klik kanan -> create clipping mask. gunakan pentool mode shape untuk membuat gambar awan. atur opacity dan fill agar sesuai dengan background.

06.
buat garis perspektif di layer paling atas dengan pentool mode path, lalu stroke. gunakan warna brush yang mencolok dan ukuran brush yang agak tebal. Garis ini berfungsi untuk membantu dalam meletakkan obyek-obyek kawaii yang nantinya akan menghiasi angkot agar sesuai dengan dimensi gambar. Cara termudah dalam membuat garis perspektif adalah dengan mengikuti garis-garis bidang yang ada di body angkot.

07.
masukkan obyek pertama kita, dek Chika ke dalam body angkot. letakkan di atas layer body. lakukan transform dengan menekan ctrl+T lalu pilih skew di menu edit -> transform -> skew. atur dan sesuaikan sisi atas dan bawah dengan garis perspektif yang telah kita buat. setelah itu atur opacity dan fill agar menyatu dengan background. gunakan kombinasi masking & pentool -> fill untuk menghapus bagian yang tidak diperlukan. atau bisa di-clipping mask dengan layer di bawahnya (layer body)


08.
gunakan langkah nomor 7 untuk menambahkan obyek-obyek kawaii yang lain, seperti dek Mari dan kawan-kawan. ditambah tulisan juga bisa, seperti yang saya lakukan pada plat nomor. tetap perhatikan  garis perspektif agar obyek kawaii yang ditambahkan  sesuai dengan dimensi


09.
untuk finishing, gunakan perpaduan burn tool & dodge tool untuk  mengatur gelap terang. tambahkan shading di bagian pintu angkot dengan pentool shape agar terlihat lebih gelap, jangan lupa di clipping mask. tambahkan garis-garis pada bagian pintu agar gambar awan tidak terhihat  nyambung, takut nanti pintunya jadi ga bisa dibuka. 


10.
hilangkan garis perspektif dan.... tat tarat tatat... jadilah angkot wibu~~
maaf apabila banyak bagian yang kurang jelas dikarenakan kurangnya waktu dan alat, faktor males juga sih. bagi yang kurang jelas silahkan ditanyakan di tab comment, insya Allah kalo ada waktu akan saya jawab. terima kasih :3

untuk file materi bisa didownload disini

2 komentar:

  1. Mkasih gan tutor'y,,
    Wlaupun ane msih oon bnget maen ps, tpi ane pngen coba,,
    Boleh lah klo bingung ntr ane tnya"..

    BalasHapus